touring ke Dieng..25Juni part 1

taraaaaammm..

akhirnya saya bisa posting lagi..

maaf ya..belakangan ini saya sibuk..semenjak beres ujian semester, banyak kegiatan sana sini (sebenernya liburan sih)..

lumayan 3 hari di liburan membuka dan memberi semangat baru..

Awalnya saya berncna berangkat ke Wonosobo setelah kelar ujian semester, yah..just kuliner..

Ketertarikan saya pada mie ongklok berawal dari cerita ayah saya saat pulang dinas ke luar kota. Beliau sempet mampir di Wonosobo dan makan mie ongklok. Setelah saya searching di mbah google, ternyata ada tuh mie ongklok..Wah semakin penasaran saja mengingat banyak orang yang bilang mie tsb enak dan memiliki citra rasa yang khas..

Singkat cerita saya mengumpulkan info mengenai objek wisata di wonosobo dan munculah Dieng Plateu Area. sayang donk ke wonosobo cuma buat makan mie ongklok doank..selanjutnya saya bikin itinerary kumplit ke Wonosobo. Meskipun demikian, banyak rintangan yang kami hadapi untuk bisa pergi kesana (ribet amat sih..padahal cuma ke Dieng), misalnya masalah perizinan ortu, kamera digital, dll).. sampai2 saya meng cancel acara touring kami. Rencana berangkat 23 juni 2011(hari kamis), kemudian di undur hari jumat, dan ahirnya kami jadi juga berangkat hari sabtu, 25 juni 2011 dengan modal nekad dan berharap perjalann kami lancar,,.(hufft,,barengan ma ulang tahun saya nih..hoho).

25 juni 2011

05.00: temenku udah nongol di depan pintu..kami berangkat dan start dari rumah saya..

06.oo: baru juga sampai di kota banja ban motor belakang kempes. sepertinya tambalannya dobol.. temenku bilang motornya dulu pernah sekali ditambal..kenapa kami beranggapan begitu?karena tidak ada paku disekitar lokasi maupun di semua bagian ban tersebut.. Maka kami pun mencari tukang tambal ban. coba bayangkan jam segitu emang ada tambal ban yang buka?kami nanya ke tukang ojeg yang kebetulan mangkal disana. akhirnya kami disuruh ke pertigaan yang jaraknya lumayan jauh. Ktanya disana ada tempat tambal ban yang buka.. walau jauh, tapi tidak ada pilihan lain lagi..” hm..padahal ini baru start,,tapi sudah ada tragedi seperti ini” ungkapku dalam hati.

Akhirnya,sampailah kami di tempat tamba ban. Alhamdulillah, ada yang buka..

ket: namanya kalau salah mang didi,,akhirnya ppagi2 ada juga tukang tambal ban yang buka..alhamd..

06.30: sambil nunggu nambal.sarapan dulu..bacang (mahal amatt bacangnya 5.000)…

ket: makan bacang di pinggir jalan…lapeer gak nahan..

07.00: melanjutkan perjalanan…

09.00: sampai di Wangon. Kami rehat dulu disini. sekalian isi bensin, ngisi perut lagi dan membuka peta perjalanan..

ket: petanya cukup lebar..jadi harus dilipet berkali kali

ket: yo ayo…makan dulu…perjalanan maih panjang…buka perbekalan,…

09.30: melanjutkan perjalanan dari Wangon..target duhur harus sampai di kota Banjarnegara..dan kita gantian yang ngendarain motor..saya bagian di depan..dan teman saya bagian di belakang… Dasar,,emang kita demen banget fofo2..di perjalanan pun kita sampai turun dulu demi berfoto di pinggir sungai Serayu..hehe

ket: hehe..malu sebenernya..diliatain para pengendara mobil dan mototr..tapi yasudahlah..demi serayu..^^

12.30: kami sampai di alun2 Banjarnegara. Dan langsung masuk ke mesjid agung anjarnegara yang terletak tepat disamping alun2 kota. Kami melakukan sembahyang dhuhur dan makan siang di alun2. Tak lupa sebelum melanjutkan perjalanan kembali, kami ke pom bensin buat ngisis tanki motor yang sudah mengering.

ket: di alun2 Banjarnegara Gilar Glilar..arti Gilar gilar sampai sekarang masih jadi peer buat kita berdua..secara kita orang sunda tak tau apa2 dan baru menemukan kata tersebut di kota ini..

13.30: waduh..keasyikan makan sampai2 kita lupa waktu..jadinya telat melanjutkan perjalanannya..tapi untungnya dengan kekuatan super(agak lebay dikit), saya ngebut supaya target ashar sudah nyampe Wonosobo.. sayang sekali acara makan2 kita gak kami abadikan..karena handphone nya lobet..terpaksa temenku bela2 in beli batere handphone buat acara foto2 di tempat selanjutnya.^^..oia,,makan2 di Banjarnegara gak aneh.. temenku makan batagor dan saya sendiri makan baso tahu..

15.00: alhamdulillah..sampai juga di kota Wonosobo..Patokannya dari alun2, kami langsung mencari mie legendaris asal kota tersebut yakni Mie Ongklok.. Disana mie ongklok yang cukup terkenal karena dianggap paling enak adalah mie ongklok longkrang yang tak jauh dari alun2 Wonosobo tepatnya di jalan ronggolawe…Setelah tanya sana sini kami akhirnya sampai juga disana..

ket: ada mas tukang parkir yang berkenan memotret kami berdua di depan warung mie ongklok..^^..terima kasih mas..

ket: ini dia mie ongklok legendaris itu..tapi menurut kami berdua lebih enak mie ayam tasik.. berhubung lidah kami mungkin gak cocok dengan makanan disini.. tapi ya namanya juga kuliner..mencoba makanan baru..

15.30: melanjutkan perjalanan ke Dieng..

16.00: sampai di jalan Dieng km 6 kami berhenti, tepatnya di mushola kecil di pinggir jalan tersebut. Seperti biasa, kami melaksanakan sholat ashar..disamping itu kami tak lupa untuk membuka nomor kontak yang saya dapat di internet terkait penginapan di kawasan dieng. ada 2pilihan yaitu penginapan bu jono dan pondok wisata lestari. Akhirnya kami booking tempat di penginapan Bu Jono berhubung pondok wisata lestari sudah full.

16.30: mampir dulu di modi store minimarket buat beli minum sama beli sirup carica..Setelah lanjut dan sudah di km17 Dieng, mulai terasa hawa2 dingin (kalau menurut orang sana sih sejuk), serta pemandangan indah disekeliling perjalanan. Krena kami gak tahan lagi dengan pemandangan yang baru kami lihat tadi, kami berhenti ditengah tabjakan dan berfoto bersama..haha(lagi2 kami berfoto dipinggir jalan :D)

ket:bunciiiiiiiiiiiiissss….brrrr…dingin…

17.30: akhirnya kami sampai juga di penginapan Bu Jono Ternyata pemilik penginapannya sudah menyambut kami dan membawa kami masuk kedalam.. kami fikir yang menjemput kami itu adalah seorang ibu2. Berhubung nama penginapannya Bu Jono. Tapi yang menjemut kami justru seorang bapak2..Kami fikir beliau Bu Jono (hanya asumsi)..dan sampai pulang pun kami lupa menanyakan namanya..heu..lagi2 kebiasaan buruk kami muncul..

setelahm melakukan registrasi segera kami bayar dimuka untuk sewa penginapan semalam untuk 2 orang yaitu sebesar Rp. 70.000. Lumayan murah kan??eh..dipenginapan sana ternyata ada turis juga loh..pas lagi duduk buat bayar administrasi, turis2 nya baru pulang dari perjalanan…hihi…jadi salting..

18.00: masuk ke kamar, tanpa fikir panjang kami minum dan langsung makan syrup manisan carica yang waktu itu kami beli di minimarket. Setelah selesai, kami langsung ke kamar mandi dan mengambil air wudhu. Dan,,baru nyentuh airnya saja tangan dan sekujur tubuh saya terasa beku..dinginnya minta ampun..baru kali ini saya pake air es buat wudhu..

pas keluar dari kamar mandi temenku langsung bengong liat ekspresi mukaku yang tanpa ekspresi dan dengan kondisi badan yang gemeteran dan gigi yang berasa ngilu..temenku langsung meringis dan masuk ke kamar mandi..haaaah…

19.00: setelah ganti baju..(meskipun ada air panas, tapi kami lebih memilih untuk tidak mandi..siapa lagi yang mau mandi dengan air es) kami langsung berdiam diri di kamar sambil menunggu adzan isha..kami sebisa mungkin menjaga supaya kami idak kentut mengingat setelah perjalanan jauh kami sering keluar angin khusunya saya😀..

ket: dikamarnya ada 2 kasur loh,dan ini tempat tidurku..

19.00: sholat isya

19.30: setelah beres2, kami langsung turun ke bawah buat makan mallam..kebetulan disana sedang asyik makan..penghuni lainnya baik lokal maupun asing sedang asik mengunyah makanan mereka sambil berbincang satu sama lainnya.. tapi sayangnya waktu itu kami ingin menyantap nasi. Berhubung semenjak pagi kami belum nemu nasi(padahal sudah makan berkali2), maka berasa gak makan dari pagi dan gak afdol rasanya kalo sehari gak makan nasi.hehe..Akhirnya kami memutuskan untuk makan diluar dengan dianter sama Pak Jono. ternyata warung makannya gak jauh yakni tepat dibelakang penginapan Bu Jono..