Mahasiswa wirausaha

Seseorang yang mengambil jenjang perkuliahan, seringkali kurang memanfaatkan waktu kuliahnya dengan optimal. Kebiasaan-kebiasaan lama yang terkungkung oleh aturan-aturan ketat, membuat seseorang seakan-akan, menjadi seseorang yang bebas lepas. Mau berbuat apapun, pilihan ada ditangannya. Tak sedikit orang yang kurang bisa memaksimalkan waktu kuliah  yang dimilikinya dengan sesuatu yang berguna untuk masa depannya.

Dunia perkuliahan secara tidak langsung menciptakan kita untuk mandiri, oleh karena itu jalan seseorang bisa bermacam-macam, Ada yang menempuh jalan kiri, jalan kanan, jalan naik turun, jalan lurus, ataupun jalan berkelok-kelok. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh seorang mahasiswa. Bukan hanya belajar dan berorganisasi tetapi juga belajar berwirausaha.

Belajar berwirausaha penting dilakukan bukan karena kita dituntut untuk menjadi wirausaha kelak. Wirausaha itu merupakan salah satu alternatif dalam proses ke ‘mandiri’ an seseorang khususnya bagi mahasiswa. Dengan belajar berwirausaha mahasiswa bisa belajar berperilaku sebagai seorang pemimpin, berpandangan luas yang memiliki visi ke depan, mampu bekerja keras, memiliki inisiatif, berperilaku kreatif dan inovatif serta berani mengambil resiko yang diperhitungkan. Mahasiswa juga bisa menumbuhkan rasa percaya diri dan mampu bersikap poitif terhdap diri dan lingkungannya. Jadi tak ada salahnya mahasiswa mencoba untuk belajar berwirausaha.

Untuk memulai suatu usaha jharus dilakukan dengan sepenuh hatii. Jangan pernah ragu untuk mencoba karena jika keraguan itu datang sebelum kita mencoba maka usaha kita akan sia sia. Lakukanlah itu semua dengan penuh tekad kuat dan pikiran positif dan tentu dengan usaha yang maksimal. Kita bisa memulainya dengan hal hal kecil yang mungkin tidak akan kita duga. Mungkin hampir semua orang berpikir tidak mau mencoba untuk berwirausaha karena takut gagal  atau rugi. Sebenarnya gagal atau rugi itu adalah bagian dari proses pembelajaran itu sendiri. Setiap usaha pasti ada resiko yang harus di tempuh. Berani mengambil resiko adalah ciri seorang wirausaha.

Pada tahun 2009, Kementrian Pendidikan Nasional telah meluncurkan Pogram Mahasiswa Wirausaha yang telah dilaksanakan oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dan beberapa Perguruan Tinggi Swasta yang telah diseleksi oleh Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis). Hal itu membuktikan akan pentingnya berwirausaha. Selain itu hal tersebut bsa menjadi dasar orientasi bagi lulusan buakn hanya sebagai job seeker (pencari kerja) tetapi juga job creator (pencipta kerja).  Jangan sampai mahasiswa hanya berfokus untuk cepat lulus dan mencari kerja. Mengingat minimnya lapangan kerja serta sulitnya mencari lapangan kerja karena harus bersaing dengan ribuan lulusan perguruan tinggi yang lain, maka dari itu altetrnatif untuk menciptakan lapangan pekerjaan bukanlah sessuatu hal yang buruk bagi lulusan perguruan tinggi. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk belajar dan merintis usaha itu sejak dini.

Ada atau tidak adanya Program Mahasiswa Wirausaha di kampus kita jangan sampai mematahkan semangat untuk terus berusaha belajar dan merintis usaha. Mahsiswa harus dapat berkreasi di tengah tengah keterbatasan dan kekurangan yang dimilikinya menjadi sesuatu kelebihan yang berdaya guna. Banyak belajar dengan membaca atau mencari informasi terkait orang orang sukses di dunia wirausaha dapat menjadi batu sandungan kita untuk melangkah ke depan. Banyak  hal yang bisa dipersiapkan sebelum kita menemukan dan menciptakan wirausaha. Seperti halnya kisah orang orang sukses yang mengalami banyak tantangan dan kegagalan berkali kali namun tidak membuatnya mundur dan berhenti. Hingga sampai berhasil dan menjadi seorang pembelajar sejati melalui pengalaman pengalamannya. Hindarkan rasa gengsi dan jangan pernah malu melakukan usaha apapun  sepanjang usaha itu halal dan baik. Semoga ketika lulus dari perguruan tinggi nanti kita bisa menjadi seorang lulusan yang memiliki nilai plus yang sudah siap membuka dan menciptakan lapangan kerja.

26072010

bungaku89

1 Komentar

Filed under artikel

One response to “Mahasiswa wirausaha

  1. Silvi Anggraini

    NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://uangtebal.wordpress.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s