enron ‘friendship’ test ..is one of big Conspiracy

ini contoh kelakuan para anggota DPR yang korupsi dulu waktu sekolahbagiku konspirasi itu bukan hanya 11 sept, gayus, blbi, ataupun masalah masalah besar lainnya. Bagiku ‘ujian’ adalah suatu konspirasi yang menakjubkan yang sulit dipechkan. Konspirasi atau sebut saja dengan ‘friendship’ ini sering kita temui dalam ujian, baik tingkat dasar atau level puncak sekalipun (baik di bidang pendidikan ataupun pekerjaan)..kalau terjadi hal yang demikian saya teringat dengan kasus enron,yang juga merupakan salah satu konspirasi terbesar sepanjang sejarah di dunia akuntansi. dalam kaus enron, Ada begitu banyak pelanggaran yang dilakukan oleh para eksekutif melalui konspirasi besar yang dilakukannya antara investor, auditor, manjer, direktur, dsb. hingga bisa menutupi kebobrokan yang ada didalamnya dan menipu semua orang karena memang laporan keuangan yang diberikannya dimanipulasi (fiktif). hal itu bisa menimbulkan kerugian pada banyak pihak. bukan hanya pihak yang melanggar tapi pihak2 yang tdk bersalah sekalipun. yang paling mengerikan adalah enron sulit sekali diidentifikasi mengenai penyimpangan-penyimpangan yang telah dilakukannya bahkan oleh seorang ahli sekalipun..dan jika tercium oleh SEC (dalam hal ini adalah pihak yang mengawasi/bertanggung jwab tapi yang sulit di intervensi dan menjunjung tinggi prinsip gcg), maka semua pihak akan terkena imbasnya.

Sekarang ini memang lagi musimnya melakukan ‘creative accounting’, tapi kebanyakan yang tidak dilakukan pada tempatnya (di meja yang bisa mempertaruhkan harga diri perusahaan’).

Satu hal yang tetap membuat suatu perusahaan tetap bisa bertahan di era krisis ini adalah dengan melakukan gcg..

Dan sekarang banyak investor yang melihat perusahaan dari gcg nya bukan hanya dari profit semata. salah satu prinsip gcg yaitu responsibility dan accountability, dan prinsip tersebut berkaitan dengan akuntansi islam/ syari’ah yang bukan hanya berorientasi dunia tetapi di akhirat. Oleh karena itu prinsip gcg tersebut sangat wajib dialkukan dlam ujian.

Seperti yang diucapkan oleh seorang dosen bahwa suatu saat di dunia kerja kita akan menemukan hal-hal yang bertentangan dengan prinsip kita (bagi orang yang memiliki prinsip). Masalah demi masalh akan bermunculan dan bagi orang yang dependent, dalam arti memiliki ketergantungan dengan pihak lain dan tidak bisa berdiri sendiri maka akan terasa sangat sulit dalam memecahakan suatu maslah. Kurang siap dlm ‘decision making’ dan mudah diintervensi oleh orang. Tapi orang yang ‘independent’, ia takan terpaku dengan satu masalah yang dihadapinya..jika ragu dan bertentangan dengan nurani n prinsip maka ‘out’ dan jika tidak, maka pertahankan dengan tetap menjadi diri sendiri. Dan orang yang independent pastinya akan seallu siap dengan risiko yang nantinya akan dihadapi. Sepahit apapun hasilnya atau bahkan dipecat dari pekerjaanya seklaipun, maka itu adalah merupakan kebahagiaanya tersendiri.

by:bungaku89

Tinggalkan komentar

Filed under artikel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s